Senin, 01 Desember 2008

TENTANG BLOG

Blog merupakan salah satu fasilitas untuk mempublikasikan diri seseorang, menceritakan jati diri mereka, serta komentar-komentar cerdas bahkan mungkin dimanfaatkan sebagai media perantara untuk menjalankan bisnis dari sekian banyak fasilitas yang disediakan oleh internet, komunitas pencinta blog ini disebut juga dengan blogger. Blog pertama kali di release oleh Jhon Barger pada bulan Desember 1997, Jhon Barger mengistilahkan blog sebagai web blog yang berisikan biodata seseorang, karya ilmiah, pikiran-pikiran yang bisa bermanfaat bagi orang lain, fenomena yang terjadi pada saat ini, kesehatan, pendidikan, hukum, politik, sex dan aspek-aspek lainnya. Blog tersebut akan selalu di update dan berisikan link-link file ke website yang mempunyai hubungan dengan biodata atau jati diri seseorang tersebut.
Perkembangan blog sangatlah signifikan dimana sampai pertengahan tahun 2001 komunitas blogger sudah mencapai angka 100.000 orang, seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan waktu, blog juga berkembang secara pesat dari tahun ke tahun, publikasi di dunia internet semakin marak dan melihatkan pertumbuhan yang sangat luar biasa, kesadaran user (people) dalam pemanfaatan dunia IT semakin menempatkan posisi blog menjadi skala prioritas untuk mencapai penghargaan dan kesuksesan.
Dengan keberadaan blog yang dimanfaatkan oleh para blogger maka kita akan dapat mengintip informasi-informasi terkini tentang seseorang ataupun aspek-aspek lainnya, blog merupakan salah satu cara termudah untuk mengetahui tentang seorang blogger, apa-apa saja yang mereka sukai ataupun apa saja yang mereka tidak sukai, apa yang dia pikirkan tentang lin-link yang mereka pilih dan juga apa tanggapan para blogger terhadap satu isu, semuanya itu bersifat personal.
Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Sedangkan Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekadar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekadar sebuah diary yang disimpan di internet.
Artinya keberadaan blog tidak lebih hanyalah sebuah catatan pribadi seseorang beserta artikel atau karya-karya mereka yang telah mereka publikasikan dan memiliki nilai jual dimata masyarakat, blog merupakan wujud penjelmaan dari diary on-line seseorang yang dapat diakses melalui dunia maya (Internet).
Sudah saatnya kita bisa memberdayakan fasilitas blog dalam dunia internet, sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui blog, sangat tepat rasanya andaikan kita bisa jatuh cinta terhadap blog sebagai media publikasi gratis melalui internet, terutama mereka yang bergerak didunia ilmiah, praktisi, akademisi, hukum, bisnis, kesehatan, dan dunia yang lainnya. Orang saja bisa menciptakan kenapa kita tidak mampu untuk memanfaatkan. (Majulah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Majulah Bangsaku dibawah naungan Pancasila) By : Zihnil Afif

Tidak ada komentar: